Kick Off Selekda U-20 jadi Ajang Pencarian Pesepakbola Asli Kukar

Kick Off Selekda di Stadion Rondong Demang yang Mempertemukan Kecamatan Loa Kulu VS Tenggarong (Foto: heri/korankaltim.com)

TENGGARONG – Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kick off Seleksi Daerah U-20 di Stadion Rondong Demang, Tenggarong (28/5/2021).

Ketua Askab PSSI Kukar H Ardinansyah mengatakan ucapan terima kasih atas semangat seluruh jajaran Askab PSSI Kukar dan panitia penyelenggara Selekda U-20 ini.

Ia berharap seluruh rangkaian Selekda selama satu bulan penuh ke depan bisa berlangsung aman dan nyaman dan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat sesuai anjuran pemerintah dan menghasilkan pemain muda berbakat bagi Kutai Kartanegara.

Haji Nan sapaan akrabnya menyatakan kegiatan Selekda ini merupakan mandat khusus dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Bupati Kukar untuk mencari pemain hebat asli daerah untuk persiapan Porprov 2022 Berau.

“Ini bukan ajang untuk mengumpulkan orang-orang, tapi ini untuk persiapan bagaimana Kukar di 2022 Berau bisa juara. Jaga sportifitas, ini bukan ajang keributan tapi ini kerja nyata Kukar untuk bisa eksis peningkatan kualitas di bola Kaltim. Terima kasih jajaran panitia yang luar biasa sekali mempersiapkan, mari kita terus berjuang di bidang olahraga,” kata Haji Nan.

Selekda dibuka secara resmi oleh Ketua KONI Kukar, Rahman yang menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen KONI Kukar dan Askab Kukar. Menurut Maman sapaan akrabnya, apa yang dilakukan Askab Kukar ini bisa di contoh oleh Cabor-cabor lain yang ada dibawah naungan KONI Kukar.

“Ada 56 Cabor dan yang benar-benar komitmen untuk peningkatan olahraga salah satunya adalah Askab. Untuk Porprov harus mendapat medali emas, perlu kerja keras dan sinkronisasi struktur. Kutai Kartanegara merindukan medali emas,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Selekda yang juga Exco Komite Kompetisi Askab PSSI Kukar, H Fahmi Yusuf menyebutkan ada enam zona dalam rangkai Selekda ini. Zona 1 dilaksanakan di Stadion Rondong Demang Tenggarong diikuti tiga tim kecamatan Loa Kulu, Loa Janan dan Tenggarong. Zona 2 ada Muara Kaman Sebulu dan Tenggarong Seberang. Zona 3 berlangsung di kecamatan Samboja di lapangan sepakbola Gatra diikuti Samboja, Muara Jawa dan Sangasanga.

Zona 4 di lapangan sepak bola Muara Badak Ulu diikuti Muara Badak, Anggana dan Marangkayu. Zona 5 di lapangan sepak bola gajah Mada Muara Muntai diikuti tiga kecamatan yaitu Muara Muntai, Muara Wis dan Kota Bangun. Zona 6 di lapangan sepakbola Kecamatan Kembang janggut 3 tim yang berlaga yaitu Kembang Janggut, Kenohan dan Kecamatan Tabang.

“Juara masing-masing zona akan berlaga kembali di Stadion Rondong Demang Tenggarong di babak 6 besar dibagi dua grup. Juara dan runner-up akan berlaga di semifinal dan final akan mempertemukan tim-tim terbaik,” sebutnya.

Tujuan dari Selekda ini dilakukan bukan untuk turnamen, tetapi kegiatan ini adalah bentuk semangat Askab Kukar mencari putra daerah. Askab Kukar mengharamkan pemain-pemain luar Kukar. “Ini semangat kita bagaimana kualitas sepak bola bisa kita raih dan berikutnya filosofi juara ini bukan juara Kecamatan yang kita cari tetapi pemain-pemain kita yang punya bakat yang terbaik dan bisa berlaga mewakili daerahnya karena pemain-pemain yang punya fighting spirit adalah pemain-pemain lokal dan andalan daerah,” tegasnya.

“Ada 360 pemain usia 20 di Kutai Kartanegara yang berlaga, sesuai kata Pak Bupati, masa tidak ada, oleh karena itu semangat hari ini adalah semangat kita bersama untuk membangun sepakbola Kutai Kartanegara melalui seleksi U20,” pungkas Fahmi.

Sumber : korankaltim.com

Media Sosial

Kontak Dispora

Jl. Stadion Aji Imbut (Gedung Beladiri),

Tenggarong Seberang

Kutai Kartanegara 75572

+62 (0541) 4108929, 4108474

kontak@disporakutaikartanegara.info

Tautan Dispora

Video DIspora